Kamis, 25 September 2014

Kontrol Alat-alat Rumah dengan Mikrokontroler ATmega8 dan Android dengan Perintah Suara

Assalamualaikum Wr.Wb
       Sesuai dengan yang saya katakan pada postingan Kontrol Alat-alat Rumah Menggunakan Android,Arduino dengan Perintah Suara,bahwasanya saya akan membuat alat yang memiliki fungsi yang sama seperti pada postingan diatas,hanya saja kali ini saya tidak menggunakan arduino,tapi saya hanya menggunakan mikrokontroler ATMega8,yang jelas harganya jauuh lebih murah. Jadi bagi yang tidak memiliki arduino tetap bisa membuat alat ini :)

Oke langsung aja ke komponen yang dibutuhkan,diantaranya :

1. ATMega8
2. Modul Bluetooth
3. Resistor 1K & 10K
4. Capacitor 22 pF
5. Crystal 16MHz
6. Transistor BC547 (NPN)
7. Dioda 1N4002
8. Relay


Untuk Skema nya :)




Firmware : Please email to teguhvnkn@gmail.com



aplikasi android yang digunakan adalah Android Meets Robots : Voice

Berikut ini tampilan dan cara menggunakan aplikasi Android Meets Robots : Voice

1. Buka Aplikasi AMR_Voice

2. Secara otomatis,bluetooth pada perangkat android akan menyala


3. Berikut ini tampilan saat bluetooth sudah dinyalakan

4. Pilih settings,lalu sentuh "Connect Robot" 

 5. Lalu pilih bluetooth mana yang dipakai pada rangkaian,disini saya menggunakan Bluetooth
 HC-05


6. Setelah android terhubung dengan bluetooth di rangkaian,sentuh tombol yang bergambar microphone dan mulai bicara ! :D



Disini saya menggunakan 8 buah perintah suara untuk mengontrol alat-alat rumah antara lain :



"nyalakan semua" untuk  memberi sinyal HIGH pada semua pin out yang digunakan.
"matikan semua" untuk memberi sinyal LOW pada semua pin out yang digunakan.

"lampu nyala/mati" berfungsi untuk memberi sinyal HIGH atau LOW pada PD2.
"nyalakan/matikan lampu ruang tamu" berfungsi untuk memberi sinyal HIGH atau LOW pada PD3.
"nyalakan/matikan lampu kamar" berfungsi untuk memberi sinyal HIGH atau LOW pada PD4.
"nyalakan /matikan televisi" berfungsi untuk memberi sinyal HIGH atau LOW pada PD5.
"nyalakan/matikan lampu kamar mandi" berfungsi untuk memberi sinyal HIGH atau LOW pada PD6.
"nyalakan/matikan lampu luar"berfungsi untuk memberi sinyal HIGH atau LOW pada PD7.
"nyalakan/matikan kipas angin" berfungsi untuk memberi sinyal HIGH atau LOW pada PB0.
"nyalakan/matikan lampu kamar saya" berfungsi untuk memberi sinyal HIGH atau LOW pada PB1.

*Note : Perintah dapat diubah sesuai kebutuhan atau keinginan,asalkan menggunakan bahasa yang dimengerti oleh Google Voice.


*Pengaturan agar Aplikasi AMR:Voice dapat mengerti bahasa Indonesia* <-------- Baca :P


Berikut ini beberapa foto dan video hasil percobaan yang sudah saya lakukan :

Berikut ini rangkaian driver Relay yang digunakan sebagai output



Dan ini merupakan rangkaian minimum sistem ATMega8 yang telah terhubung dengan Bluetooth HC-05




Berikut ini adalah video percobaan dari rangkaian diatas :D




Sekian,apabila ada pertanyaan,tambahan,koreksi atau apapun tentang alat ini,silahkan tulis di kolom komentar,atau kirim email ke teguhvnkn@gmail.com   :D
'



alat jadi --> kontrol alat-alat rumah menggunakan android dengan perintah suara (pcb)
Wassalamualaikum Wr. Wb

12 komentar:

  1. wah mantap. tp gk faham mikro kontroler. tp pgn buat jg. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. awalnya juga saya gak paham,tapi ya dengan belajar,alhamdulillah,udah sedikit bisa :)
      kalo bener pengen buat saya bisa bantu kok,jadi sama2 belajar :)

      Hapus
    2. mas saya minta source code..saya mau bukin alat seperti mas...saya minta tolong mas..

      Hapus
    3. mas kalau pake sistim minimum at89s51 bisa gak?

      Hapus
  2. bisa minta source codenya...

    BalasHapus
  3. mas bisa bantuin saya buat TA mas ? matur suwun

    BalasHapus
  4. Mantap ilmunya master.. Bisa jdi hobi smpingan nih.. Share ilmunya boleh mas teguh?

    BalasHapus
  5. mas.. tolong coding untuk mikrokontrol atmega8 d post juga.

    BalasHapus
  6. mas sy mau bikin
    tp sy gk ngerti cara masukin data ke microcontroler ny...

    BalasHapus
  7. Klo misalkan beli rangakain jadi. Harga nya brp ya...? Sekalian di settingkan dan di ajari cara pakai nya. Makasih.

    BalasHapus
  8. Mas Teguh, kalau beli dari anda, berapa harganya ?

    BalasHapus
  9. mas boleh minta kontak line atau wa buat tanya2 ?

    BalasHapus